KISI-KISI
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2014-2015
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO KOMPETENSI
1 Membaca dan memahami berbagai teks
nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya
sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
buku
kumpulan cerpen, cerita anak,
buku
cerita anak, novel remaja,
novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
2. Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif
dalam bentuk
buku harian, surat
pribadi, surat
dinas, narasi dan pesan
singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam
bentuk
puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
INDIKATOR
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks. Menentukan persamaan isi berita.
Menentukan perbedaan penyajian berita. Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan. Menyimpulkan isi paragraf.
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah. Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel. Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
Menulis catatan pengalaman pada buku harian. Menulis
pesan singkat sesuai konteks.
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca. Menulis
rangkuman.
Menulis teks berita sesuai konteks. Menulis
slogan sesuai konteks. Menulis
iklan sesuai konteks.
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu. Menulis
teks pidato.
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar
pustaka.
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca,
pilihan kata.
Melengkapi pantun.
Melengkapi puisi. Melengkapi naskah drama.
Kompetensi–Standar Isi–2014-2015 1
\
2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO KOMPETENSI
1. READING (Membaca) Memahami makna
dalam wacana
tertulis pendek baik teks fungsional
maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure,
maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif
(descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam
konteks kehidupan
sehari-hari.
INDIKATOR
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan
kata atau makna
kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan
kata atau makna
kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk procedure. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan
kata atau makna
kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk descriptive. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan
kata atau makna
kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk recount. Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan
kata atau makna
kata/frasa atau pesan
moral/tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan
kata atau makna
kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk report. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf
yang padu dan bermakna.
Kompetensi–Standar Isi–2014-2015 2
3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO KOMPETENSI
1. Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat
bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
2. Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
mahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
INDIKATOR
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
bilangan berpangkat atau
bentuk akar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi
dalam
aritmetika sosial sederhana.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua
variabel. Menyelesaikan masalah menggunakan
teorema Pythagoras.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun
datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
atau kongruensi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis:
besar
sudut (penyiku atau
pelurus).
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun
ruang.
Kompetensi–Standar Isi–2014-2015 3
NO KOMPETENSI
4. Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya
dalam
pemecahan masalah.
5. Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
INDIKATOR
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran
data.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
Kompetensi–Standar Isi–2014-2015 4
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO KOMPETENSI
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan
alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha,
dan energi) serta penerapan konsep
tekanan
dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang,
bunyi,
dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya
dalam
kehidupan sehari-hari.
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
7 Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan
produk kimia sehari-hari.
8. Memahami klasifikasi zat serta
INDIKATOR
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan konversi suhu
pada
termometer.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan
pada suatu
zat.
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan
cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam
kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan gejala listrik
statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau
Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
dalam
kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari. Mendeskripsikan
atom,
ion, dan molekul serta
hubungannya dengan produk kimia
sehari-hari.
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
Kompetensi–Standar Isi–2014-2015 5
NO KOMPETENSI
perubahannya.
9. Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu
dalam kehidupan sehari-hari.
10. Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
11. Mendeskripsikan komponen ekosistem,
interaksi antarmakhluk
hidup
dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
12. Menjelaskan sistem organ pada manusia.
13. Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
14. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan
hidup dan pewarisan
sifat
pada organisme
serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
INDIKATOR
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran
termasuk rumus kimia
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya.
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa
produk kimia.
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan
dengannya.
Menjelaskan
sistem pencernaan manusia dan enzim-enzim yang berperan
pada proses pencernaan.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit
yang berhubungan dengannya. Menjelaskan sistem
peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan
dengannya.
Menjelaskan
sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya. Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada
manusia.
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
hukum
Mendel.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar